SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
SD NEGERI 1 KARANG
TENGAH
Karang Tengah-Tuntang
Kelas : VI SD
Semester/Tahun :
II/2011-2012
Waktu Pelaksanaan : Rabu, 12Maret 2012
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Tempat : Ruang Kelas VI
Layanan/Bidang Bimbingan :
Layanan Informasi/Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan : Tips Menghadapi Ujian
Fungsi Layanan :
Pemahaman
Tujuan Khusus :
1. Siswa mampu menjelaskan cara
menghadapi tes (ujian)yang baik
2. Siswa dapat mengevaluasi
/mengintropeksi cara mengahadapi tes (ujian) pada dirinya.
3. Siswa mampu menerapkan dan
mengembangkan tips-tips menghadapi
tes (ujian) pada dirinya
Materi Layanan :
Terlampir
Metode :
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
Kegiatan Awal :
Ø
Mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi
didalam kelas serta memeriksa kehadiran siswa.
Ø
Penyampaian
materi
Ø
Tanya
jawab
Ø
Memberi
tips-tips untuk menghadapi tes (ujian)
Ø
Guru menyampaikan topik dan tujuan yang akan
dibahas pada pertemuan ini
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Ø
Pembimbing menyampaikan sekilas
materi
Ø
Pembimbing memberi kesempatan kepada siswa untuk
tanya jawab
Ø
Pembimbing memberi tips-tips untuk menghadapi tes (ujian)
2. Elaborasi
Ø
Siswa mempraktekkan apa yang menjadi instruksi
guru pembimbing.
3. Konfirmasi
Ø
Guru memberikan pedoman diskusi tentang persiapan
ujian nasional
Ø
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Kegiatan Akhir
Ø
Guru memberikan kesimpulan dari hasil diskusi
siswa
Ø
Guru memberikan harapan terhadap materi layanan
yang telah diberikan
Alat
dan Media : Kertas pedoman diskusi dan pamphlet tips menghadapi tes/ujian
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
v
Penilaian Proses
Ø
Mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa
saat kegiatan layanan berlangsung.
v
Penilaian Hasil
·
Penilaian Laiseg
Ø
Memberikaan pertanyaan lisan secara acak kepada
siswa tentang hasil yang dicapai setelah mereka membacakan hasil diskusinya
·
Penilaian Laijapen
Ø
Memantau dan meninjaukan kembali siswa yang
berkaitan tentang tips-tips menghadapi ujian.
·
Penilaian Laijapang
Ø
Melakukan interview selama 1bulan untuk menilai
apakah siswa sudah menerapkan tips-tips menghadapi ujian yang pembimbing
sampaikan.
v
Tindak Lanjut : -
Keterkaitan
Layanan dengan
Kegiatan
Pendukung : Himpunan
Data
Sumber :
Internet (http//www.smu- net.com/main.php?act=ti&zkd=7)
Biaya : Rp 2.000 untuk fotocopy, diambil
dari APBS
Catatan
Khusus : -
Salatiga, 12
Maret 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Perencana
Layanan
_________________ _________________
Lampiran 1
MATERI LAYANAN
TIPS SAAT MENGHADAPI TES (UJIAN).
Sukses atau gagalnya tes/ujian yang
kamu hadapi tergantung dari persiapan fisik dan mental kamu (tentunya selain
kamu sudah belajar giat) Dibawah ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu
kamu dalam menghadapi ujian.
1.Siapkan peralatan ujian dengan baik
Biasanya setiap tes/ujian membutuhkan
peralatan yang berbeda-beda misalnya tes/ ujian gambar berbeda dengan ujian
tertulis biasa.Peralatan tes/ujian yang biasa akan dibawa adalah
pensil,bolpoin,kalkulator,kamus penghapus,tipe X dan penggaris.
2. Datanglah lebih cepat sebelum ujian dilaksanakan
Dengan datang lebih awal (minimal
15 menit sebelum tes/ujian dilaksanakan), kamu akan punya waktu untuk
memepersiapkan mental dan fisikmu yang akhirnya akan membantumu untuk lebih
berkonsentrasi selama mengerjakan tes/ujian.
3.Tenang dan percaya diri
Sebelum mengerjakan
ujian,biasakan untuk berdoa.Dengan berdoa kamu akan lebih percaya diri dan siap
dalam menghadapi tes/ ujian.
4. Jangan tegang,santailah dalam mengerjakan setiap tes/
ujian
Sebab kondisi tegang saat ujian akan merusak konsentrasimu
5.Membaca perintah tes/ ujian
Sebelum mulai mengerjakan ujian ,
bacalah perintah soal ujian dengan baik dantidak terburu-buru,sering kali
perintah untuk menjawab tidak sesuai dengan ujian yang lainnya.
6.Seleksi soal
Seleksi soal maksudnya adalah
seleksilah soal yang kamu anggap mudah atau dapat dengan cepat menjawabnya.Hal ini
akan membantumu mengurangi pemborosan waktu menjawab
7. Metode menjawab
·
Soal-soal pilihan ganda
Langsung
abaikan jawabanmu yang tau kamu salah.Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika
kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai
digunakan karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar dan jangan
menggantinya kecuali jika kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan
·
Sola ujian esai
Pikirkan dulu
jawabannya sebelum menulis.Buatlah kerangka jawaban singkat untuk esai dengan
mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.Kemudian nomori ide-ide
tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu tuliskan terlebih
dahulu.usahakan untuk menuliskan secara langsung poin pertama dari jawaban
sehingga jawabanmu tidak akan melenceng kemana-kemana
8..Membaca kembali
Bacalah kembali jawaban yang sudah kau tulis sehingga tidak
ada kekurangan kamu akan dapat segera memperbaikinya
9.Jangan terburu-buru
Jangan pernah mengerjakan secara
terburu-buru.Hal ini menyebabkan jawaban ujianmu tidak maksimal.jika sudah
selesai mengerjakanpun jangan terburu-buru keluar ruangan.Pergunakan sisa waktu
ujian untuk memeriksa jawaban kamu.
10.Tutup dengan doa sebagaimana
kamu berdoa untuk mulai mngerjakantes/ ujian.berdolah juga setelah selesai
megerjakan semoga apa yang sudah kmu kerjakan benar ,dan mendapatkan nilai yang
baik.
Tips sukses menghadapi Tes
/ ujian
|
|
Tips sukses menghadapi Tes
/ ujian
|
1.Siapkan peralatan ujian dengan baik
2. Datanglah lebih cepat sebelum ujian dilaksanakan
3.Tenang dan percaya diri
4. Jangan tegang,santailah dalam mengerjakan setiap
tes/ujian
5.Membaca perintah tes/ujian
6.Seleksi soal
7. Metode menjawab
8..Membaca kembali
9.Jangan terburu-buru
10.Tutup dengan doa
|
|
1.Siapkan peralatan ujian dengan baik
2. Datanglah lebih cepat sebelum ujian dilaksanakan
3.Tenang dan percaya diri
4. Jangan tegang,santailah dalam mengerjakan setiap
tes/ujian
5.Membaca perintah tes/ujian
6.Seleksi soal
7. Metode menjawab
8..Membaca kembali
9.Jangan terburu-buru
10.Tutup dengan doa
|
Lampiran 2
Pedoman Diskusi
Kelompok
1. Apa
persiapan anda sebelum ujian ?
2.
Seberapa jauh persiapan anda sebelum ujian?
3.
Sejauh mana penguasaan materi ujian yang sudah kalian
pelajari?
4.
Apa saja yang anda lakukan untuk menghadapi
ujian nsional nantinya?
Lampiran 3
Pedoman Observasi
Aspek yang diamati
|
Jumlah
|
Siswa yang mengobrol saat
materi disampaikan
|
|
Siswa yang bertanya
|
|
Siswa yang masih bersikap diam
|
|
Siswa yang aktif mengikuti jalannya diskusi
|
|
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
|
|
Kelompok yang mengungkapkan hasil diskusi
|
|
Siswa yang belum serius dalam mempersiapkan ujian nasional
|
|
(email anda masuk spam)
BalasHapus-semua tulisan agar dirapikan
- berikan warna yang menarik tp tidak berkesan norak
- lengkapi dengan gambar2 yg relevan dengan materi yang anda publish