Selasa, 20 Maret 2012

Artikel tentang Satuan Layanan Bidang karir,pribadi,belajar dan sosial


Nama   : Ida Nur Kristianti
Nim     :132010017

MENGHADAPI STRES KETIKA BEKERJA

Stres dan depresi dalam bekerja adalah suatu kondisi dimana setiap individu dihadapkan pada tuntutan pekerjaan yang melebihi kemampuan maksimum induvidu tersebut. Biasanya hal ini ditandai dengan menurunnya tingkat produktivitas dalam bekerja dan perubahan perilaku ini merupakan suatu permasalahan umum yang dialami oleh setiap induvidu. Meskipun dia seorang pelajar bukan berarti tidak mengalami stres, contohnya saat menempuh ujian akhir semester atau nasional
Beban mental dari pekerjaan sangat berpengaruh bagi stres kerja itu sendiri. Seorang konselor kesehatan mental di Buffalo, New York, Amerika Serikat, Deborah Legge, PhD mengungkapkan bahwa ada beberapa aspek yang berkontribusi atau memperburuk stres terhadap pekerjaan. Salah satunya adalah jam kerja yang tidak menentu. Selain itu faktor lingkungan juga dapat memicu gejala stres.
Setiap profesi pekerjaan memiliki tanggung jawab dan resiko yang harus dihadapi dan permasalahan stres dan depresi tidak mengenal profesi pekerjaan. Berikut adalah beberapa profesi pekerjaan. Berikut adalah beberapa profesi pekerjaan yang dapat memicu stres dan depresi.
1. Seniman, "Entertainer", dan Penulis
Pekerja dalam bidang seniman, entertainer dan penulis memiliki kecenderungan stres yang tinggi karena dipengaruhi pendapatan yang tidak teratur dan jam kerja yang tidak pasti. Orang-orang yang dituntut bekerja secara kreatif memiliki resiko stres lebih tinggi serta cenderung mengalami gangguan mood.
2. Customer Service
Profesi Customer Service atau pelayanan pelanggan dapat memicu gejala stres dan depresi. Profesi customer service ini biasanya menerima keluhan pelanggan terhadap kepuasan service atau pelayanan sehingga profesi ini harus memiliki kontrol yang kuat terhadap emosi.

3. Tenaga Pengajar / Pendidik
Tuntutan terhadap tenaga pengajar atau dosen dan guru tampaknya akan terus berkembang. Banyak faktor yang dapat memberi tekanan, biasanya tekanan itu muncul dari anak-anak ( pelajar dan mahasiswa ). Peran orangtua yang menuntut pelayanan pendidikan yang bermutu, terkait dengan pemenuhan standar nilai, juga sering menjadi pemicu stres bagi profesi ini.

4. Public Relation Officer
Setiap perusahaan membutuhkan seorang Public Relation (PR) karena profesi PR memiliki tanggung jawab dalam memegang image perusahaan di ruang publik atau masyarakat umum. Seorang PR dituntut untuk memberikan presentasi dan penjelasan yang baik mengenai perusahaan tempat ia bekerja. Biasanya seorang Public Relation Officer diawasi langsung oleh pemimpin perusahaan karena kesalahan sekecil apapun akan berdampak besar terhadap perusahaan.

5. Finance dan Accounting
Para akuntan dan Finance memiliki tanggung jawab yang begitu banyak terkait pengaturan keuangan perusahaan. Profesi ini dituntut dengan tanggung jawab, nilai kejujuran dan moral kepercayaan yang tinggi.

6. Marketing dan Sales
Setiap perusahaan yang maju dan berkembang sangat dipengaruhi oleh baik atau tidaknya marketing dan sales dari perusahaan tersebut. Seorang marketing harus mendapatkan banyak klien untuk pencapaian targetnya. Begitu juga dengan tenaga penjual (sales) yang bekerja berdasarkan komisi. Dua bidang ini cenderung melakukan perkerjaan lapangan dan umumnya seorang sales atau marketing mempunyai pendapatan yang tidak pasti (tergantung pencapaian target) dan hal ini dapat memicu stres yang tinggi, disamping tekanan yang luar biasa, dan jam kerja yang panjang.










Membuat Contoh surat lamaran kerja terbaru 2012, cara membuat contoh surat lamaran kerja atau kumpulan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, contoh surat lamaran kerja ini mungkin bisa sedikit membantu bagi anda yang mungkin bingung untuk membuat surat lamaran kerja atau pekerjaan, Nah berikut di bawah ini contoh2 surat lamaran kerja nya :

Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :
1. Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita secara menarik.


2.Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah surat lamaran kerja yg ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita. Ingat kesan pertama sangatlah penting.


3.Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.
Contoh prestasi kerja maupun pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi & pengalaman yg patut dipertimbangkan.

Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.


4.Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas. Kita mempunyai kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara. Maka dari itu, untuk saat ini buat penjelasan yg singkat tetapi efektif.


5.Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.
Dalam surat lamaran kerja anda hindari penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis seperti contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.


6.Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.
Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi kita.


7.Tujuan dan alasan melamar kerja.
Pada surat lamaran kerja anda, cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan yg sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yg memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yg berharga bagi perusahaan tersebut.


8.Kerapihan surat.
Agar lamaran anda mudah dibaca jangan menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.

9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yg tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal.


Nah itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan.


Dan di bawah ini beberapa contoh surat lamaran kerjanya :

================================================================
contoh surat lamaran kerja 2012

================================================================
contoh surat lamaran kerja

================================================================









* Contoh surat lamaran kerja untuk posisi accounting dan finance

Jakarta, 20 Desember 2011
Kepada Yth,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Abdi Bangsa Sejahtera Finance
Jl. Kejayaan No. 50
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari bapak/ibu seperti yang termuat di harian Media Indonesia tanggal 07 januari 2006, saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam tim Accounting & Finance di PT. Abdi Bangsa Sejahtera Finance.

Usia saya 27 tahun, telah menikah dan memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik. Saya dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan dan memiliki kemampuan Akuntansi yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti MS Excel, MS Word, MS Acces, MS PowerPoint, MS OutLook, Internet, maupun software khusus Accounting seperti SAP, serta surat-menyurat dalam bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Accounting di PT. Pandawa Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Dalam surat ini saya lampirkan data-data tentang diri saya berikut foto terakhir sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu.

Saya berharap bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Hormat saya,


Nely Babakan.

================================================================

* Contoh surat lamaran kerja untuk posisi accounting dan finance 2

Jl. Kurcica 24
Bintaro Jaya
Tangerang 15156
Februari 2011

Yth;
Ny. Suciwati Hastomo
PT. Srikandi Press
Jl. Kebayoran Lama 156
Jakarta Selatan 15789

Dengan hormat,

Ny. Hartati Ningrum, seorang asisten editor di perusahaan Anda, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan departemen akuntansi di PT. Srikandi Press. Sehubungan dengan hal itu, perkenankan saya mengirim resume saya, dengan harapan bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman saya sesuai dan memenuhi kualifikasi yang menjadi pertimbangan bapak untuk dapat ikut serta mengembangkan departemen akuntansi di perusahaan yang sedang berkembang dengan pesat ini.

Saya lulus dari Program Diploma III Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta pada tahun 2003. Saat ini saya bekerja di PT. Indopress, sebagai staff akuntasi, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan. Saya telah menyelesaikan program perkuliahan malam (ekstension) di universitas yang sama untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi, dan akan diwisuda pada bulan awal bulan Maret 2011.

Saya sangat mengharapkan suatu kesempatan wawancara, untuk dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume, saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan antusiasme untuk meraih sukses bersama PT. Srikandi Press. Saya dapat dihubungi di 021-788945.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


Ian Trimarda Ningrum.

================================================================

* Contoh surat lamaran kerja untuk posisi accounting dan finance 3

Jakarta, 25 April 2011
Kepada Yth ;
Departemen Pengembangan SDM
PT. INFOMEDIA NUSANTARA
Jl. R.S. Fatmawati No.77-81
Jakarta 12150

Selamat siang,

Bersama ini saya sampaikan keinginan saya untuk bergabung menjadi karyawan di PT. INFOMEDIA NUSANTARA. Saya mempunyai pengalaman bekerja yang berhubungan dengan Akuntansi, Finance dan Sistem Informasi Manajemen di sebuah perusahaan perbankan swasta nasioanal.

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat bekerja dalam tim maupun individu secara baik, walaupun untuk pekerjaan dengan tenggat waktu (dead line) yang ketat. Berdasarkan pengalaman bekerja tersebut, serta adanya kemauan belajar dan bekerja dengan lebih baik lagi, saya berkeyakinan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk PT. INFOMEDIA NUSANTARA.

Saya berharap bapak/ibu bersedia meluangkan waktu untuk wawancara, sehingga saya dapat memperkenalkan diri saya secara lebih rinci. Semoga kualifikasi dan pengalaman bekerja saya sesuai dengan kebutuhan karyawan di perusahaan bapak/ibu.


Hormat saya,


Diah Ananda, SE

================================================================

* Contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi manager pemasaran

Jl. Komando III/56
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan 12920

28 Februari, 2011

Yth;
Bpk. Ardi Sanjaya
Vice-President of Sales
PT. Fastron Electronic
Jl. M.H. Thamrin kav. 12 A
Jakarta Selatan
Dengan hormat,

Bersama surat ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dengan PT. Fastron Electronic, karena latar belakang dan pengalaman saya dalam mengembangkan departemen pemasaran mungkin akan berguna bagi perusahaan ini.

Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya telah berkarir di PT. Bakrie Electric selama 10 tahun, dimulai dari tingkat trainee hingga mencapai jabatan Manajer Pemasaran. Setiap tahun saya selalu sukses melakukan peningkatan jumlah nasabah baru, mengelola nasabah yang sudah ada agar tetap menjadi nasabah yang setia, serta membuka kembali pasar yang sebelumnya telah tertutup.

Sebagai manajer pemasaran, saya bertanggung jawab dalam bidang perekrutan, pelatihan dan penyeliaan atas lebih kurang 120 an staf penjualan di Jakarta, serta bertanggung jawab tarhadap penjualan di wilayah Jawa dan Bali.

Saya menantikan kesempatan untuk bertemu Anda, dimana saya akan menjelaskan potensi dan kemampuan diri saya secara lebih terperinci dan mendalam. Saya bisa dihubungi di 021-7756729.

Hormat saya,


Mely Melinda.

================================================================

* Contoh surat lamaran pekerjaan untuk posisi manager pemasaran 2

Jl. Metro Pondok Indah 45
Jakarta Selatan 15776
(021) 5687795

20 Maret 2011

Yth;
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia
PT. Daya Guna Fertilizer
Jl. Ciputat Raya 16 A
Ciputat
Tangerang 15774
Dengan hormat,

Bersama ini saya kirimkan surat lamaran beserta curriculum vitae sebagai tanggapan atas iklan Anda di harian Kompas, hari senin 17 Maret 2007.

Saya telah mempunyai pengalaman selama lima tahun menjadi manajer pemasaran produk kosmetik dan perawatan rambut di PT. Surya Ayu Cosmetic, Jakarta. Dalam posisi tersebut saya bertanggung jawab atas penjualan di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Cilegon.

Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun curriculum vitae yang saya kirimkan ini tidak dapat menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan bagaimana potensi dalam diri saya dan pelayanan yang akan saya berikan akan menjadi asset yang berharga bagi PT. Daya Guna Fertilizer.

Hormat saya,

Taufik Cmz

================================================================

5 Cara Sukses Melamar Pekerjaan



Agar bisa diperhitungkan di tempat Anda melamar pekerjaan, Anda harus bisa memberikan sesuatu yang lebih. Tak hanya daftar riwayat hidup yang mengagumkan, tetapi juga harus bisa memberikan impresi yang positif saat wawancara kerja. Berikut adalah pesan tersirat yang bisa Anda sampaikan bahkan sebelum wawancara kerja, untuk menciptakan kesan bahwa Anda adalah calon karyawan yang patut dipekerjakan.

1. “Saya profesional”
Para pelamar kerja yang mengikuti proses aplikasi secara serius akan ditangani secara serupa oleh si pemberi kerja. Semisal, bacalah kembali materi surat lamaran Anda untuk kesalahan ketik atau kesalahan penulisan. Tak ada salahnya jika Anda minta tolong orang yang Anda percaya untuk membaca ulang surat lamaran dan CV Anda, sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kesalahan penulisan. Juga, berhati-hatilah dengan penggunaan bahasa. Hindari penggunaan kata-kata informal, atau bahasa asing bila hal tersebut tak terlalu penting.

2. “Saya orang yang harus mencapai target”
Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran pekerjaan dari sana-sini. Bisa jadi lamaran pekerjaan Anda hanya dilihat sekilas. Untuk menghadapi masalah tersebut, sebaiknya Anda mencoba ambil inisiatif. Semisal, jika Anda mengirimkan lamaran pekerjaan tanpa ada iklan atau apa pun, cantumkan kalimat penutup, seperti, “Saya menunggu tanggapan dari Bapak/Ibu.” Atau, untuk lebih proaktif, cantumkan, “Jika tidak mengganggu, saya akan menghubungi Bapak/Ibu pada hari Selasa, pukul 15.00, untuk mendiskusikan kemungkinan saya di posisi yang saya lamar.”
Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran Anda. Namun, jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan tersebut tercantum bahwa Anda tak diperbolehkan menghubungi mereka. Dengan menghubungi tempat kerja tersebut dalam jangka waktu 2 minggu pengiriman, Anda bisa memastikan apakah sebaiknya Anda menunggu atau mencoba yang lain.

3. “Saya adalah ahlinya”
Perusahaan di mana pun pastinya akan lebih senang jika mereka bisa mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian tinggi. Anda bisa juga mencantumkan berbagai keahlian dan sertifikat yang Anda miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang Anda incar tadi. Jangan lupa, jika Anda juga tergabung dengan asosiasi tertentu, cantumkanlah. Hal ini bisa membuat Anda bernilai tambah karena memiliki koneksi ke institusi tersebut, jika sewaktu-waktu diperlukan.

4. “Saya bisa mengurangi pengeluaran”
Di masa ekonomi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mencari ragam cara untuk mengurangi pengeluaran. Jika Anda pernah memiliki kesuksesan memotong pengeluaran di perusahaan sebelumnya, terangkanlah cara Anda melakukannya di CV. Misalkan, ketika Anda melamar pekerjaan sebagai asisten administrasi. Anda bisa mencantumkan bahwa di perusahaan sebelumnya Anda pernah menegosiasikan ulang kontrak dengan pemasok alat-alat kantor, yang berakibat pada penghematan kantor tanpa perlu mengurangi kualitas dan kuantitas.

5. “Saya mampu memberikan apa yang dibutuhkan perusahaan”
Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan terbaik, pastikan bahwa lamaran Anda ditargetkan untuk posisi yang spesifik. Gunakan kata-kata yang sekiranya tepat untuk posisi yang dilamar. Buat kata-kata seakurat mungkin yang mendeskripsikan pengalaman dan kualifikasi Anda. Kebanyakan perusahaan menggunakan program peranti lunak yang memindai kata-kata spesifik untuk kata-kata yang tepat dan spesifik yang berhubungan dengan posisi tertentu. Jadi, meskipun Anda cukup qualified untuk posisi tertentu, namun jika tidak menggunakan terminologi yang dicari, maka lamaran pekerjaan Anda mungkin tak akan dilihat.

Mengirimkan "pesan" tersirat kepada perusahaan yang Anda incar tak berarti menggaransikan bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaannya. Namun, bisa meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara kerja. Nah, dari sana, Anda bisa memberikan kesan terbaik Anda.





CaRA MEmILih TeMan SEJATI

Apa kalian masih bingung banget untuk cari temen. Tenang, gue punya tips ampuh yang insyaallah akan bermanfaat untuk kalian yang pingin punya teman sesuai criteria. Adapun criteria temen yang bener-bener temen buat kamu! Sahabat sejati antara lain:
-Mempunyai sifat baik budinya
-Gak suka mengadu domba
-Tidak melihat seseorang dari penampilan luarnya
-Bukan pemfitnah
-Tidak akan berbohong
-Saling mengerti
-Tidak egois
-Saling mengingatkan satu sama lain
-Bisa menjaga kepercayaan
Dan didalam berteman kita harus dapat membedakan ilmu apakah yang bermanfaat & tidak bermanfaat, mana yang benar dan yang salah. Selain itu, Dalam hal keagamaan, kita harus saling mengingatkan dalam hal ibadah. Karena yang kita butuhkan bukan kebutuhan dunia saja melainkan kebutuhan akhirat. Apabila masih bingung…! Gue saranin untuk minta petunjuk kepada ALLAH bagi yang islam dan bagi yang slaen islam, mintalah petunjuk kepada orang tua. Nah… semoga sukses mencari kawan!!!









TIPS AGAR MAGANG TIDAK MENJENUHKAN
>Magang itu ternyata asyik banget lho teman karena magang itu beda ama belajar di sekolah. Kalu di sekolah khan cuma belajar teori saja, tapi kalau magang kita langsung praktek apa yang telah kita pelajari di sekolah. YAch tapi ada juga sich yang malas sama yang namanya magang katanya mereka di suruh-suruh mulu.
Nach agar magang tetap asyik dan tetap bersemangat di tempat kita magang, ikuti tips berikut ini:
  • Jangan terlambat, karena dalam magang orang akan mengukur kemampuan kita. Jadi jangan pernah kita memberi kesan buruk di perusahaan tempat kita magang. Jadi kita datang harus tepat waktu, dan kalau boleh lebih awal dari waktu yang telah di tentukan.
  • Siap untuk semua tugas, karena kalau magang itu khan identik dengan tugas-tugas. Jadi di tempat kita magang itu kita seakan-akan adalah seorang karyawan, jadi jangan pernah mengabaikan tugas-tugas yang di berikan.
  • Rajin bertanya, chan kita di situ untuk belajar, jadi kita harus bertanya semua bagi yang kita kurang ngerti sehingga begitu selesai kita magang kita sudah siap jadi tenaga kerja yang handal.
  • Jalin komunikasi, jangan pernah berlaku sombong dan berlagak sok hebat di tempat kita magang. Jadi semua orang atau karayawan di tempat kita magang, kita harus membina hubungan yang baik, siapa tau nati suatu saat ada yang kurang kita mengerti jadi bisa kita tanyakan kepada mereka-mereka itu.
  • Buat daftar pencapaian, itu perlu supa hasil magang kita jangan sia-sia. Dengan begitu kita bisa mengukur sampai dimana kemampuan kita.








TIPS AGAR PERSAHABATAN TETAP AWET
Persahabatan adalah satu dari sekian hal terindah dalam hidup. Sayangnya kadang persahabatan yang terjalin hanyalah sebatas kumpul-kumpul, jalan bareng, atau sebatas aktivitas lainnya yang mungkin kurang bermakna. Karena satu dan lain hal, pesahabatan yang terjalin akhirnya harus putus dan tinggal kenangan saja. Jika ingin persahabatan tetap awet sampai kakek nenek, beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba.

Tips 1
Saling mengenal secara dekat antara satu dengan yang lain. Misalnya tentang sifat/watak, hobi, kekurangan dan kelebihan sahabat kita.

Tips 2
Jadilah pendengar yang baik bagi sahabat kita. Terutama saat dia curhat. Bila mampu, bantulah mencari solusi untuk masalah yang sedang di hadapinya.

Tips 3
Saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.

Tips 4
Saling memperhatikan dan peduli, walau dalam hal-hal kecil.

Tips 5
Saling membantu dengan ikhlas tanpa pamrih.

Tips 6
Turut bersuka cita pada hari istimewa sahabat dan memberinya kado. Misalnya pada hari kelahirannya, atau ketika sahabat mendapat juara, dll.

Tips 7
Hilangkan sikap egois.

Tips 8
Jadikan persahabatan seperti layaknya sebuah persaudaraan.

Tips 9
Saling mengoleksi foto-foto sahabat dan menyimpannya dengan baik.

Tips 10
Saling memberi nasihat yang baik.

Tips 11
Tetaplah berkomunikasi bila suatu saat harus berpisah atau berjauhan. Kedekatan tidak selalu identik karena seringnya bertemu, tapi perhatian dan kepedulian yang tulus meski sedikit akan lebih melekat di hati walau jarang bertemu. Sudah tentu, hal ini bisa membuat persahabatan akan terasa kian erat.
Tips 12
Usahakan selalu untuk bersilaturahmi walau jarak, waktu dan usia sudah teramat jauh membentang.

Tips 13
Buatlah satu acara istimewa yang akan menjadi suatu momen tak terlupakan sepanjang hidup. So, walau sudah kakek nenek sekalipun, persahabatan akan tetap terasa lekat dalam setiap hati kita.

Tips 14
Sesekali kirimkan pesan singkat yang menyatakan kamu menyayanginya. Bisa kirim melalui SMS, e-mail atau kirim kartu. Lebih baik lagi bicara langsung dengan sahabatmu.

Tips 15
Jangan lupa saling mendoakan.

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi setelah lulus SMA – Sebentar lagi ujian nasional ya? Masih berapa bulan sih? Heheheeh maklum, kan saya bukan siswa/guru, jadi tidak tahu jadwal ujian nasionalnya. Ok,ini tips saya saat beberapa tahun yang lalu (2007) memilih jurusan di Perguruan Tinggi setelah saya lulus SMA, semoga ada manfaat buat kalian yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah :
  • Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yang kita sukai dan yang mampu kita kuasai, apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan, maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, jika masih bingung juga menenentukan pilihan, bagi orang islam laksanakan sholat tahajud untuk meminta petunjuk dari Allah SWT
  • Jangan penah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.
  • Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita.
  • Cara info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah, tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut,serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada
  • Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan , pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuanga keluarga kita
  • Jangan menyerah pada keadaan, gali terus informasi, banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.
Semoga tips sederhana ini bisa jadi masukkan buat rekan-rekan yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi maupun yang lagi bingung memilih jurusan apa yang bakal dipilih nantinya. Keep spirit, Kawan








Ujian nasional sudah berakhir dan menghasilkan lulusan-lulusan yang bakal menuju jenjang perguruan tinggi atau masa kuliah maupun yan memilih untuk bekerja. Bagi yang mau melanjutkan kejejang perguruan tinggi sudah saatnya memikirkan jurusan-jurusan yang bakal di pilih nantinya. tak semua siswa bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, atau tidak terpilih sebagai siswa undangan atau yang tidak lulus ujian SNMPTN. Untuk itu saya ada sedikit saran bagi yang lagi bingung memilih jurusan di perguruan tinggi yang akan di jalani untuk menggapai masa depan, yaitu :
  1. Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka Tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yan kita sukai dan yang mampu kita kuasai, apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan, maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng dan kita tidak merasa terbebani, berdoalah jika masih bingung.
  2. Jangan penah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan.
  3. Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya, sudah terpecaya atau lihat apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidaknya untuk masa depan kita.
  4. Cara info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah, tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut, serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada
  5. Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan, pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuanga keluarga kita
  6. Jangan menyerah pada keadaan, gali terus informasi, banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.

Semoga tips sederhana ini bisa jadi masukkan buat rekan-rekan yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi maupun yang lagi bingung memilih jurusan apa yang bakal dipilih nantinya.

Bagi kalian yang sudah memasuki kelas 3 (tiga) SMA, pasti kalian sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi jenjang selanjutnya yaitu perguruan tinggi. Untuk bisa masuk perguruan tinggi tidaklah mudah. Untuk itu sejak dini, perlu diperhatikan bagaimana cara memilih perguruan tinggi yang baik untuk masa depanmu. Pemilihan perguruan tinggi berkaitan dengan jurusan apa yang akan diambil.
Karena setiap perguruan tinggi memiliki keistimewan tersendiri pada tiap – tiap bidang jurusan yang ada dalam fakultasnya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang coba pikirkan kira – kira ingin melanjutkan ke jurusan apa.
Memilih jurusan bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak factor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak – masak. Memilih tergesa – gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal bagi masa depanmu. Karena hal tersebut nantinya akan mempengaruhi kalian baik dalam hal akademis, psikologi, maupun pergaulan kalian di bangku perkuliahan. Nah, di bawah ini ada beberapa kiat dalam menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang akan diambil kelak. Jadi, baca dengan seksama renungkan dan kemudian baru kalian pertimbangkan lagi jurusan apa yang akan kalian ambil.

1.  Menyesuaikan Cita – Cita , Minat, dan Bakat
Pahami betul diri kalian dulu, sebenarnya apa cita – citamu di masa depan nanti ? Ingin jadi apa ? Ingin bekerja dibidang apa nantinya ? Kamu harus bisa jujur dengan diri sendiri, jangan hanya hanya berdasarkan perintah orang tua atau terpengaruh oleh teman – temanmu yang lain. Karena bila ternyata jurusan yang telah terlanjur kalian pilih itu tidak sesuai dengan bakat dan minatmu, maka kalian akan menjalankan proses perkuliahan dengan perasaan kurang enjoy. Dan hal tersebut bisa berpengaruh dengan nilai akademis kalian sehingga nanti kalian bisa saja tidak menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

Sebenarnya minat bisa dilacak dari nilai – nilai bidang studi selama kalian di bangku SMA. Misalnya, jika kalian suka menggambar pasti kalian cenderung memilih jurusan Teknik Sipil atau Teknik Arsitektur. Jika kalian suka dengan kimia pasti kalian cenderung untuk masuk ke jurusan Teknik Kimia dan sejenisnya. Sesuaikanlah jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat yang kalian miliki.

Kalu sudah yakin dengan minat dan bakatmu, mulailah menyaring jurusan – jurusan dari berbagai perguruan tinggi yang ada. Saringlah jurusan – jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Disamping itu, kalian juga harus menyesuaikan jurusan – jurusan tersebut dengan kemampuan yang kalian miliki. Ukur kemampuan kalian untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di perguruan tinggi yang kalian inginkan. Caranya, bandingkan nilai – nilai try out yang kalian miliki dengan passing grade pada jurusan yang ingin kalian tuju tersebut.

Bagi yang telah memiliki cita – cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawamu menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan. Jika kalian sudah berada pada jurusan yang sesuai dengan meniat dan bakat yang kalian miliki, maka kalian akan lebih semangant lagi untuk belajar dalam upaya mengejar cita – cita di masa depan.

2.  Kumpulkan Informasi Selengkap Mungkin
Sebelum kalian menetukan pilihan jurusan, sebaiknya kalian kumpulkan dulu informasi selengkap – lengkapnya mengenai jurusan tersebut. Informasi – informasi tersebut bisa berasal dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, kakak kelas, teman mahasiswa, internet dan lain – lain. Pastikan bahwa orang yang menjadi sumber informasi tersebut adalah orang yang memang paham atau pun menguasai jurusan yang kalian tanyakan.

Informasi yang harus kamu gali adalah mulai dari profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tamping jurusan/peluang diterima, fasilitas (laboratorium, perpustakaan, dll), kegiatan kampusnya, kualitas alumninya, dan sebagainya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu kalian dalam memilih jurusan.

3.  Lokasi dan Biaya
Aspek lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adlah kemamampuan finansial. Jika kalian memiliki dana yang terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biasa hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu tinggi. Kenyataan menunjukkan banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena kendala finansial ini. Jika dana yang kalian miliki belum mencukupi, maka jangan menyerah, masih banyak cara lain untuk menggapai cita – cita. Caranya, kalian dapat mencari beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu/freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana kalian. Jangan jadikan uang sebagai factor yang sangat menghambat masa depan kalian.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar